Thursday, January 23, 2014

SMANIA

Tags

Kalo ngomongin masa-masa SMA, gue suka nyesel sendiri sama kebodohan yang pernah gue lakuin pada masa itu. Ceritanya berawal dari tahun 2007, pada waktu itu seperti siswa lulusan SMP pada umumnya, gue bingung buat nentuin mau ngelanjutin sekolah dimana. Secara mama udah nyerahin semua keputusan di tangan gue, dengan konsekuensi “dimanapun gue sekolah, gue mesti bertanggungjawab dan menyelesaikan sekolah dengan baik”. Seperti orang tua kebanyakan yang khawatir kalo anak gadisnya salah pergaulan, mama gue selalu mengingatkan untuk JAGA DIRI dan JAGA NAMA BAIK ORANG TUA.

Pada saat mencari sekolahan yang tepat, tujuan gue sebenarnya cuma satu yaitu gue pengen selalu deket sama cowok yang gue suka. Makanya gue mutusin untuk nyari sekolahan bareng dia. Setelah melalui pertimbangan yang cukup rumit, akhirnya kami memutuskan untuk mendaftar di salah satu SMA Negeri favorite di Purwodadi. Keesokan harinya setelah mempersiapkan dokumen sebagai syarat pendaftaran, gue dan cowok yang gue suka itu berangkat menuju sekolah tersebut. Mendekati hari tes masuk, gue denger kabar kalo temen cowok gue mengundurkan diri dan mendaftar di sekolah lain. Nyesek banget rasanya, mungkin gara-gara putus asa gue nggak niat banget ngerjain soal tes masuk dan akhirnya gue resmi DITOLAK.

Oke, akhirnya atas saran kakak sepupu gue masuk ke salah satu SMK swasta di kota Purwodadi. Gue ngambil jurusan akuntansi. Pada tahun pertama sekolah, gue merasa bahwa “bukan ini yang gue mau”. Gue jadi sering bolos sekolah, nilai gue jelek banget sampai-sampai gue pernah ngeloncatin tembok belakang sekolah untuk bolos sekolah. Gue sering banget dipanggil ke BP dan mendapat hadiah spesial dari guru BP. Ya, itulah gue, gue nyesel banget kalo ingat waktu itu, secara sengaja gue menyia-nyiakan kepercayaan yang mama gue kasih. Gue baru sadar saat penerimaan rapot, nilai 4,70 dengan huruf D (baca: Donkey) pada pelajaran matematika terpampang nyata di rapot gue.

Rapot Istimewa
Sejak saat itu, gue mulai berubah. Gue bertekad mau merubah diri gue menjadi lebih baik lagi. Gue mulai bergaul dengan teman-teman yang baik, rajin dan pinter, gue rajin ngerjain tugas yang bapak/ibu guru kasih dan yang paling penting gue rajin berangkat sekolah. Gue juga aktif mengikuti OSIS dan PRAMUKA di sekolah. Selama 2 tahun berturut-turut kerja keras gue terbayar, nilai rapot gue mulai membaik, prestasi gue meningkat. Gue dengan bangga memamerkan ini ke mama gue dan tentunya pacar gue juga (sekarang suami). Ternyata kalo kita mau berusaha, kita pasti bisa meraih apa yang kita inginkan. Suatu saat nanti gue pengen jadi cewek pekerja keras. Gue nggak mau kalah sama lebah.

Puncaknya pada tahun 2009, setelah melewati UN gue nggak sabar nunggu hari pengumuman kelulusan. Tiba saatnya pengumuman kelulusan, gue sama mama datang ke sekolah. Gue sih udah optimis banget bakalan lulus. Tapi gue nggak nyangka pada saat hasil UN diumumkan, gue dapat BONUS dari ALLAH. Gue bangga mendapatkan PERINGKAT 2 sebagai LULUSAN TERBAIK di sekolah gue. Dan tentunya itu menjadi bukti kalo gue sukses menjalankan amanat dari mama gue. 

Sebagai bentuk rasa bahagia yang amat dalam, gue dan teman-teman merayakan hari itu dengan suka cita. Ini beberapa foto perayaan kelulusan gue sama temen-temen gue.

Fokus ke cewek rok merah
Muka gue masih unyu banget kan???
Hari itu menjadi hari yang sangat membahagiakan buat gue. Tapi sekaligus jadi hari yang mengharukan, pasalnya setelah ini gue akan kehilangan moment-moment istimewa di SMA. Sahabat gue, guru-guru yang sering gue boongin, gue bakalan kangen sama mereka semua. Kalo waktu bisa kembali, gue bakalan menikmati masa-masa SMA gue sebagai anak baik-baik. Ya kalaupun waktu nggak bisa kembali, gue minta sama ALLAH, semoga kelak anak gue nggak seperti gue bahkan bisa lebih baik dari mamanya. AMIN.... (^O^)

Pesan: kalau kita tersesat dan salah jalan, ingatlah betapa besar pengorbanan orang tua terhadap kita. Berusahalah menjadi pribadi yang lebih baik, karena masa depan kita yang menentukan ya kita sendiri. Orang tua hanya memfasilitasi, dan tugas kita adalah menjaga kepercayaan mereka. 




Artikel Terkait

39 comments

wiih peringkat kedua peraih UN terbaik? wuiiih keren :))
semoga menang GAnya kak :D

Cerita SMAnya seru, sampai lompat tembok. Gimana tuh? Kan pakai rok? :D
Selamat karena lulus dengan predikat terbaik kedua. Semoga bisa mengaplikasikan ilmunya :)

makasih-makasih, aku juga nggak ngerti kok dulu bisa gitu ya? hihihihihi

wahh nggak nyangka si mbae kek gitu waktu SMAnya ckckck
tapi akhirnya disadarin juga yah hebat

aku barutau ada GA-nya ayam sakit

kamu beruntung bnget kak. seenggaknya kenakalan itu bisa jadi cerita hidup yang kita bisa buat bahan ajar untuk anak cucu kita. daripada gue... selama SMA semuanya datar-datar ajah, huhu. Bhakan, gebetan pun gue enggak punya, uhuhu.

Pengalaman yg tak terlupakan.. Masa2 di sekolah, masa2 yg paling indah..
Suci orang yg gigih ya, dan sayang sama orangtua..
Bener banget, kalo kita milih tempat menuntut ilmu yg gax sesuai hati kita, cuma ada satu dalam benak kita "Madol".
Btw baru liat lagi kamu ngeblog..
Moga menang GA-nya..

waahh... yang bikin keren itu perubahannya. pasti perlu semangat dan niat yg lebih dari keren buat berubah dalam waktu sesingkat itu. keren deh kakak ini! :D

Tulisannya mudah dipahami, juga enak dibaca. Dan yang terpenting, ada nilai moral didalamnya. Keren.

Nice post..

wuih, kece banget kak.
kisah ini tuh mirip banget sama kisah smp aku, hahaha
rasanya flashback ke 5 tahun silam abis baca ini :D

masih ingat yang ngasih tanda tangan di rapot atas nama siapa? hahahaha....*ketawa setan

ya cerita aja tentang masa SMAmu yang datar dan sepi gebetan,, wkwkwkwkwk

amin, makasih yak? btw, madol itu apah?

amin, makasih yak? btw, madol itu apah?

makasih, makasih, aku nggak sekeren itu kok,, jadi malu.. :)

yang mana yang mirip? naksir cowok ya? hihihihihi

namamu, tapi tanda tanganku, biasa aja... :P

Cieee saling coment2nan cieee.. #OkeAbaikan

Hah! Mbak liana lulus SMA tahun 2009??? Kok bisa samaan??! Umur mbak berapa sih? Kok udah jd guru aja...udah nikah pulak. Lah aku masih bergelut sama skripsi! :(

lo, cc Liana ini seumuran sama aku kalo begitu yak??
wah keren euh bisa juara paralel gini waktu SMA, emang yak if there is a will there must be a way! semangat buat GA nya yak, ntar aku nyusul dah cc :D

Kakak senior ini. hehehe.
Keren banget prestasi akademiknya. Paralel di SMA nya. Orang tua ku ya kayak orang tua mbak. semua nya di serahkan ke saya. Alasanya juga sama, menjaga nama baik orang tua dan jaga diri.
Semoga menang ya mbak GA nya.

cieee...yang gak pernah komen-komenan sama maudy ayunda.... hahahaha..

woooww dapat D, hhmmm untungnya bertekad untuk berubah dan bisa jadi lebih baik lagi, peringkat ke-2 terbaik malah, keren. moga menang ya :D

iya, aku selesai S1 tahun 2013, oktober nikah. pacarannya udah lama dari SMA kelas 2, kira-kira ya hampir 6 tahunan.. :)

iya, kayaknya kita S1nya juga bareng mey, :)

amin, amin, makasih ya doanya.,,.,. :)

Oalahh... Kita seumuran kayaknya :(
Duuhh.. Besok mau nikah juga ah..

Cinta emang bisa merubah segalanya. Yang rajin jadi malas, gitu juga sebaliknya.
Tapi baguslah akhirnya cepet nyadar, dan berubah jadi siswa yang bisa membanggakan orang tua.

Semoga menag yah..

hahaha,, ngomong-ngomong soal nikah, emang udah ada calonnya.. :P

yang bener rapor bukan rapot hehehe
wah Liana, keren banget kamu dapet peringkat 2. keren, walau awalnya "nakal" tapi akhirnya bisa berubah dan membuktikan ke orang 2 kalo kamu bisa move on :) bisa dapat nilai bagus dan membanggakan ortu, salut deh :)
wah berarti kamu pacaran sama suami kamu lama juga yak, dari SMA sampe nikah wiiiiih hebat
goodluck GAnya, aku juga ikutan :)

iya, kita emang bareng cc Lianaaaaa...heheheehhe. coba kita udah kenal di blog, bisa aku cariin kamu aku ajak foto bareng terus buat postingaaaan..dari dunia maya berlanjut ke dunia nyata khan seruuuu :D

weh mantaapp perubahannya.
kalo kata mario teguh, super sekali.
sehingga bikin ortu ,sobat dan pacar bangga.
hmm skrg dah jd suami ya, wih langgeng ya ^_^

eh tp ngomong2, si pacar itu cwo yg km suka pas SMP bukan sich? apa beda org?
#kepo

keren banget perubahan nya kak. Andai dulu aku juga bisa seperti itu.
Cuma ntah faktor apa tetep aja menjadi seperti itu.
Gak perlu di ceritakan laah.
Haha

Eh btw, apa kabar si temen cowok nya kak? hehe

Mungkin karena rame rame bolosnya jadi enggak berasa gitu yak pas lompat, nggak ada tajutnya:D

Semoga makin sukses :)

hebat !!! MTK nya pernah dapet 4 koma sekian, tapi di akhir UN bisa jadi peringkat 2, kebanyakan orang kalo diawal udah loyo gitu, biasanya udah males usaha loh, keren, mama nya pasti banga yaaa


EmoticonEmoticon