Thursday, January 30, 2014

ART

Tags

Kolase By Liana Suci Lestari
Ini gue, sebagai pembukaan, silakan amati sejenak gambar di atas! Dan coba tebak, apa yang akan gue jadiin topik tulisan gue kali ini? Kali ini gue bukannya mau ngebahas soal kenarsisan gue di sekolahan. Melainkan gue pengen berbagi pengalaman gue sewaktu kuliah. Semangat ya bacanya, jangan bosen duluan... 

Suatu hari di sela-sela kesibukan, gue tertarik buat buka laptop lama. Laptop merk AXIOO yang gue punya ini udah penuh dengan koleksi film-film gue. Secara dulu pas jaman kuliah gue up to date banget soal film. Sekarang mau nyari film aja susah, penyewaan VCD/DVD jauh. Di Purwodadi ada sih, itupun juga mesti pake uang jaminan Rp 100.000,-  kalo rumahnya di luar kota Purwodadi. Padahal dulu jaman kuliah, minjem VCD/DVD tinggal titip KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) aja.

Kembali lagi ke Laptop, selain koleksi film yang bejibun. Gue juga pengkoleksi lagu dan foto. Koleksi lagu gue ada sekitar belasan ribu. Kali ini gue bukan mau ngebahas koleksi lagu atau film gue. Tapi gue mau ngomongin soal foto. Waktu lagi buka-bukain foto jaman dulu. Gue nemuin beberapa foto hasil karya gue sewaktu kuliah.

Di semester antara menjelang PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) gue mendapat mata kuliah SENI. Disitu gue mulai belajar seni musik dan seni lukis dengan berbagai teknik. Pada pelajaran seni musik, dosen gue ngajarin bagaimana cara memainkan alat musik suling. Secara teoritis gue cukup ngerti sih sama apa yang diajarkan oleh dosen. Tapi prakteknya yang agak sulit. Setelah beberapa pertemuan berlangsung, akhirnya gue bisa memainkan alat musik tersebut. Selain seni musik, dosen juga mengajarkan seni lukis menggunakan berbagai macam teknik. Ini dia beberapa gambar hasil karya gue.

Membuat Sketsa
Lukisan 1 Kebun
Lukisan 2 Tanaman Lidah Mertua
Lukisan 3 Wonderland
Lukisan 4 Animals
Kolase "Simphony Daur Ulang"
Yang terakhir ini teknik kolase (menempel). Alat-alat yang digunakan antara lain; karton, lem kayu, gunting dan bahan-bahan bekas lainnya. Membuat kolase nggak sulit kok. Untuk menguasai teknik ini yang paling penting adalah IMAJINASI. Kolase bisa dibuat dari bahan biji-bijian, kertas bekas, kain, bahkan ampas kopi bekas kita minum juga bisa digunakan sebagai medianya tergantung kreativitas dan imajinasi kita. Waktu itu, gue bikin dari kain, kapas, tutup botol, batu, dan kertas ticket TIMEZONE.

Pengalaman-pengalaman yang pernah gue dapat di bangku kuliah ini nggak bakal gue lupain. Dan yang paling penting lagi, ilmu yang gue dapat di masa itu bakalan terus gue kembangin dan tularkan untuk anak-anak didik gue. Semoga bermanfaat juga untuk pembaca sekalian. (^O^)

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

16 comments

waktu semester 3 kalo ndak salah, aku juga disuruh gambar kek gitu kaak... di akhir2 semester malah disuruh bikin kolase... daann hasilnyaaa, membanggakan hahah kenapa malah pamer -_-v

gambar2nya bagusss kak... berkarakter... trus kolasenya unyuu.. lebih unyuuu dari punya akuu.. punyakuuu malah sederhana bingit kak.. herannn bisa dapat bagus :))

Itu gambarnya keren keren. Bisa tuh jadi rubrik di blog ini, membahas tentang karya karya Mbak Liana. Sukses terus ya :)

kuliahnya di jurusan apa sih mba? kok ada seninya juga..
gambarnya bagus-bagus mba

di jual laku tuh yg kolase hehe mayan mba karya seni dari bahan2 yg ga biasa

keren deh cc Liana!! duu waktu aye kuliah kagak ada matkul seni..kalo ada juga mending ngga ambil soalnya emang nggak bisaaaaaa...yang jago itu Ayaaaah..hehehehe

makasih, jadi penasaran sama kolasemu, aku rasa kamu berbakat,, :)

aku jurusan PGSD, iya, matakul seni diambil selama persiapan PPL... :)

hehehe,, aku pikir meykke seangkatanku sejurusan? kalo PGSD angkatanku matakul seni wajib, :)

Loh Liana itu jurusan guru kan? jurusan apa dulu? bagus2 deh gambarnya, kira2 bisa gak ya aku gambar begituan hehehe
mending skg dikembangin lagi bakat kamu, siapa tau bisa menghasilkan duit dari seni trsbt hehee

iya, aku jurusan guru, tapi ada matakuliah seni juga. hehehehe,, itu gambarnya dibimbing dosen kok, kalo mandiri jadinya kayak lukisan 2 itu.. :)

Selain imajinasi pasti butuh kesabaran, dan gue sangat tidak sabaran. pasti kalo gue yang mbikin kolase jadinya abstrak :))

hahahaha,, jadi pengen liat kolase buatanmu yang abstrak itu.. :)

suka banget kalu bisa kenal sama manusia yang kreatif, ngga tau kenapa deh...pokoknya mah suka azh.....kirim dong hasil karyanya sebiji ke desa buat dipajang di ruang tamu..gituh.

suka banget kalu bisa kenal sama manusia yang kreatif, ngga tau kenapa deh...pokoknya mah suka azh.....kirim dong hasil karyanya sebiji ke desa buat dipajang di ruang tamu..gituh.


EmoticonEmoticon