Tuesday, January 21, 2014

PESTA SIAGA 2014

Tags

Sejak November 2013 gue udah mulai aktif ngelatih ekstrakurikuler pramuka di sekolah gue. Akhirnya setelah beberapa kali mengalami perubahan jadwal, kegiatan pesta siaga diselenggarakan juga pada tanggal 12 Januari 2014. Menjelang hari pelaksanaan, dalam minggu pertama awal semester gue mengadakan latihan-latihan setiap hari. Gue nggak berharap menang, tapi setidaknya anak-anak bisa menampilkan yang terbaik di acara pesta siaga nanti. Semua materi gue ajarkan bersama pembina-pembina lainnya. Mulai dari materi yang bersifat keagamaan, sosial, pengetahuan umum, keterampilan, sampai permainan. Gue berupaya keras dan anak-anak juga nampak sangat antusias untuk mengikuti latihan. 

Acara Pesta Siaga tersebut diikuti oleh seluruh SD se-kecamatan Godong. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 barung putra dan 1 barung putri yang masing-masing barung terdiri dari 8 siaga.

Barung Putri
Barung Putra
Sebelum acara mulai, terlebih dahulu diadakan upacara pembukaan. Sebagai sulung yang memimpin jalannya upacara adalah siswa dari SD Negeri Werdoyo yang bernama Rachmad Untung Sajiwo. Walaupun dengan waktu persiapan yang amat singkat, tapi dia dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Pemimpin Upacara. 

Rachmad Untung Sajiwo
Setelah upacara selesai, masing-masing barung mulai masuk ke warung-warung yang telah disediakan. Di warung-warung tersebut mereka diuji kemampuannya. Ada 10 warung diantaranya yaitu; warung kepribadian 1(dicek kerapian dan kelengkapan seragam), kepribadian 2 (tanya jawab seputar atribut seragam pramuka siaga), tali temali (membuat simpul mati, jangkar, hidup, anyam, anyam ganda, dan pangkal), alat keterampilan (mengenal semaphore, morse, peluit, pasak, dll), kompas (menunjukkan arah), yel-yel, estafet bola, kitchen band, ingatan (benda berbentuk lingkaran, segitiga, segi empat dan bulat), serta do’a dan bacaan shalat.

Estafet Bola
Ingatan
Sekitar pukul 11.45 WIB mereka sudah berhasil menyelesaikan ujian di warung-warung. Akhirnya kami semua beristirahat sambil menunggu upacara penutupan. Upacara penutupan dimulai pukul 14.00 WIB dan pada saat itu pemenang barung tergiat diumumkan. SD kami belum mendapat juara. Gue liat dari wajah mereka sedikit kecewa karena belum bisa meraih juara. Tapi gue bangga, walaupun belum meraih juara, tapi mereka sudah berusaha menampilkan yang terbaik. Harapan gue, semoga di kompetisi selanjutkan SD gue bisa lebih baik lagi.

Artikel Terkait

3 comments

Tetep Lanjutkan Ekstra kulikuler pramukanya biar PESTA SIAGA taun depan Jdi Juara umum.
Go....go...go.....!!!!

iya dong, semoga jambore jadi juara.. amin... :)

tetap semngat, ,,,,SD mana mnge???


EmoticonEmoticon