Thursday, December 26, 2013

Pembagian Rapot

Tags

Setelah beberapa hari ini gue disibukkan dengan berbagai aktivitas di sekolah, akhirnya gue bisa kembali nulis di blog ini. Pasti kalian semua berpikir kalo gue lari dari kenyataan atau bahkan mungkin juga ada yang ngira gue diculik sama penjahat. Tenang aja, gue masih ada kok. Satu-satunya yang bisa nyulik gue cuma Kepala Sekolah. Kenapa??? Ya, akhir-akhir ini gue sibuk melengkapi administrasi di sekolah.
Administrasi Kelas dan Rapot Siswa
Puncaknya hari ini adalah hari penerimaan rapot di sekolah tempat  gue ngajar. Gue seneng banget, karena ini adalah pengalaman pertama gue sejak jadi guru disini. Dari mulai ngerjain administrasi kelas (RPP, Silabus, dll), menganalisis nilai siswa, sampai dengan nulis rapot. Gue sangat menikmati jadi seorang guru kelas. Gue bangga akhirnya tulisan tangan gue yang amat bagus terpampang nyata di rapot mereka. Hehehehe....
Rapot Siswa

Nah, tampaknya bukan cuma gue yang seneng, tapi semua siswa yang akan menerima rapot pun juga udah nggak sabar pengen liat hasil belajar mereka selama satu semester. 

Sedikit cerita, untuk mengisi kegiatan jeda semester sambil menunggu hari sabtu (pembagian rapot) sekolah gue ngadain lomba-lomba. Ada lomba baca puisi dan lomba kebersihan. Biasa aja memang, tapi sambutan dari siswa di sekolahan ini sangat amat sangat luar biasa. Mereka sangat antusias untuk mengikuti lomba.

Diantaranya, lomba baca puisi yang diperuntukkan bagi siswa kelas 3-6. Ada sekitar 41 siswa yang berani tampil percaya diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan membacakan puisi-puisi karyanya. Jempol deh buat mereka... 
Intan Khoirul Hikmah (3), peserta lomba membaca puisi

Selain itu, ada lomba kebersihan kelas yang pesertanya adalah kelas 4-6. Masing-masing dari mereka bekerja sama untuk membersihkan dan menghias kelas masing-masing. 

Pukul 08.00 pagi ini, semua siswa beserta guru berkumpul di lapangan sekolah. Suasana yang bahagia terpancar dari raut wajah mereka. Ya, selain penerimaan rapot, hari ini pemenang lomba membaca puisi dan kebersihan kelas juga akan diumumkan. 
Siswa SD Negeri Werdoyo

Juara 1, 2 dan 3 lomba membaca puisi diraih oleh siswa kelas 6.
Bhima, Marisa & Partinah (6) Menerima Hadiah Dari Pak Nur

Juara lomba kebersihan kelas juga diraih oleh siswa kelas 6.
Perwakilan Dari Siswa Kelas 6, Puji Yuwono Menerima Hadiah Dari Pak Endro

Selain hadiah lomba, sekolah juga memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi di masing-masing kelas. Selamat ya nak...
Juara Kelas 1-5

Pukul 09.00, saatnya pembagian rapot. Sebelum rapot dibagikan, gue minta seluruh siswa kelas 3 buat nyanyiin lagu “Hymne Guru”. Gue seneng banget, mereka sudah bisa menyanyikan lagu itu dengan baik. Kemudian gue umumkan peringkat 1-10 dan langsung aja gue kasih rapotnya. Dengan bangga mereka saling nunjukkin isi rapot masing-masing.
Peringkat 1-10 Siswa Kelas 3

Sebagai seorang guru, gue belum cukup puas dengan hasil belajar siswa-siswa gue. Tapi seenggaknya, gue bisa belajar banyak dari pengalaman-pengalaman mengajar gue selama 6 bulan ini. Selanjutnya, untuk semester depan gue bakalan berusaha untuk memperbaiki proses pembelajaran mengajar di kelas gue. Semoga hasil belajar mereka di semester depan semakin membaik. 

Artikel Terkait

13 comments

asiiiik keren kaaa.. jangan pelit nilaaaai ! haha
aduh murid nya lucu2 men minta di peperin inguss hehe

Punya guru blogger pasti keren! Kak Liana ini wali kelas bukan? Terus ngajar pelajaran apa?

Btw muridnya jago2, masih kecil tapi berani '-'

nggak, nggak, aku baik kok,, hehehehehe

iya, aku wali kelas 3. ngajarnya apa aja, semua mapel kecuali olahraga sama agama. iya lumayan lah, muridku udah mulai aktif. asik banget ngajarnya kalo murid aktif... :)

Gak nyangka, ya, bisa berinteraksi dengan seorang guru di blog. Hahaha.
Oh iya, bu, jangan galak-galak ya sama muridnya. Sebagai orang yang pernah kecil juga, dan orang yang sering dimarahin sama guru. Anak yang bandel biasanya cuma cari perhatian aja kok. :''') #curhattersubulung.

wah pembagian raport yah, pasti ribet banget ngurusin nilai nilai. jadi penasaran nih gimana anak2 waktu baca puisi, selamat yah buat yg menang...

Muridnya bersemangat sekali ya...
Keren!! Inget waktu sekolah SD dulu//

aku nggak galak kok, aku baik banget,, ehhehehehehe

ketahuan suka nyari perhatian... cie,,

anak-anak kalo baca puisi kayak baca biasa kak, sedikit anak yang bener-bener tau bagaimana cara membaca puisi dengan intonasi yg tepat. ya paling nggak acara itu bisa dijadiin pengalaman buat mereka nanti... :)

pernah juara kelas juga ya? atau juara lomba?

wah anak anaknya unyuk gitu yah, cc Liana ngajar di daerah mana?? ngajar emang fun nya nggak ada habisnya yaaaaaaaaaaa..aku jga baru 3 bulan ini ngajar dan rasa nya memang macam macam, behehe..

Waahh ternyata mbak Liana juga guru yah *baru tau sama dengan suaminya.... keren dah jd pgi2 sama k skolh gt? apa sklh nyA jg sama?*kepo... duuhhh liat raportnya jd ingt perasaan debar yg hdr tiap kli mw terima raport:)


EmoticonEmoticon